• Agenda berikutnya :
  • 00hari
  • 00Jam
  • 00menit
  • 00Detik

Hilang Untuk Mendapatkan Yang Lebih Baik

17 Mar 23

Hilang Untuk Mendapatkan Yang Lebih Baik

By. Satria hadi lubis.

Baru-baru ini, saya kehilangan sandal di sebuah mesjid setelah sholat Jum'at. Saya mencoba mencari hikmah dibalik musibah kehilangan sandal tersebut.

Salah satu hikmah yang saya dapat adalah beberapa hari sebelum sandal itu hilang, saya ingin sekali membeli sandal idaman saya di sebuah toko, tetapi ragu-ragu untuk membelinya dengan alasan sandal lama saya masih bagus dan mubazir kalau beli sandal lagi.

Keraguan saya tersebut berganti menjadi mantap untuk membeli sandal idaman saya tersebut setelah saya kehilangan sandal. Sebab saya tak punya sandal yang lain lagi, sehingga keinginan saya untuk memperoleh sandal idaman saya menjadi tercapai.

Dalam hidup ini, kita kadang ragu untuk mengambil keputusan. Padahal keraguan tersebut dapat merugikan diri sendiri dan menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan yang lebih baik. Lalu Allah yang Maha Hikmah membantu kita dengan cara mendatangkan musibah berupa KEHILANGAN agar kita tak berlama-lama ragu dalam mengambil keputusan mencari penggantinya.

Saya jadi teringat dengan doa yang diajarkan Rasulullah saw ketika kita mendengar musibah orang yang meninggal dunia.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah YANG LEBIH BAIK dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang LEBIH BAIK daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) YANG LEBIH BAIK daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).

Dari doa tersebut, kita belajar ternyata dibalik musibah kehilangan orang yang meninggal dunia ada jalan untuk memperoleh pengganti yang lebih baik. Paling tidak kita mendapatkan yang lebih baik di sisi lain.

Oleh sebab itu, janganlah kita berlarut-larut dalam kesedihan dan keraguan. Sebab bisa jadi di balik musibah kehilangan ada rencana Allah agar kita mendapatkan pengganti yang lebih baik.

Jadi jika ada seorang gadis di-ghosting cowok yang dicintainya tidak usah berlarut dalam sedih. Segera ambil keputusan untuk banting setir melupakannya. Yakinlah bahwa Allah akan mengganti cowok ghost itu dengan pria yang lebih baik.

Jika ada istri atau suami punya pasangan yang suka selingkuh dan KDRT jangan berlama-lama dalam derita dan ragu mengambil keputusan bercerai. Sebab dibalik musibah perceraian tersebut, Allah telah menyediakan jodoh yang lebih baik.

Begitu pun untuk musibah lain, seperti kehilangan harta, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang-orang yang dicintai, bahkan kehilangan kesehatan. Semua itu mungkin saja cara Allah agar kita mendapatkan pengganti yang lebih baik. Mungkin pengganti yang serupa atau yang berbeda tapi esensinya lebih baik daripada sebelumnya dan lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Maha Benar Allah dengan segala hikmah-Nya di balik musibah berupa kehilangan.

Tentang : Ust. Satria Hadi Lubis

Drs. H. Satria Hadi Lubis,.MM.MBA adalah penceramah, trainer dan penulis yang berfokus pada bidang life skills, ketahanan keluarga dan dakwah. Tulisannya tersebar di berbagai media sosial, di antaranya sudah dibukukan dalam 17 buah buku. Beberapa judul bukunya : Breaking The Time, Burn Your Self, Menjadi Murobbi Sukses dan Menggairahkan Perjalanan Halaqoh.

Satria Hadi Lubis telah berbicara di berbagai tempat dan organisasi dengan lebih dari 25.000 jam untuk membangkitkan motivasi hidup, meningkatkan harmonisasi keluarga dan produktivitas dakwah. Pernah juga muncul di LA TV (sekarang TV ONE) sebagai pengasuh dan pengisi acara tetap kuliah subuh.

Beliau juga pernah dua kali mengikuti pendidikan S3 walau tidak sampai lulus. Dan saat ini menjadi dosen di PKN STAN semenjak tahun 1998.

Sekarang ini beliau dikarunia 8 orang anak (4 putra, 4 putri) dan seorang istri bernama, Kingkin Anida. Tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Satria Hadi Lubis dapat dihubungi di nomor HP : 0813-16444034. Fb : Satria Hadi Lubis.

Komentar