• Agenda berikutnya :
  • 00hari
  • 00Jam
  • 00menit
  • 00Detik

Kemerdekaan Itu Mahal Harganya

17 Aug 23

Kemerdekaan Itu Mahal Harganya

By. Satria hadi lubis

BAGI Bilal bin Rabbah ra, kemerdekaan itu mahal harganya. Sebagai mantan budak, beliau pernah hampir terbunuh karena dijemur di panas teriknya gurun pasir oleh majikannya yang kejam, Umayyah bin Khalaf, hanya karena ingin bebas menyembah Allah saja.

Kesadaran akan mahalnya kemerdekaan itu juga yang ditanamkan oleh Rasulullah saw kepada para sahabatnya. Mereka menyebar ke seluruh penjuru dunia sepeninggal wafatnya Nabi saw, bersusah payah untuk membebaskan manusia dari penjajahan manusia lainnya.

Al Qur'an menyebut misi memerdekaan manusia ini dengan misi Tauhid "Laa ilaha illa Llah" (Tiada tuhan kecuali Allah).

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku" (Qs. 20 ayat 14).

Sebab hanya dengan menyembah Allah semata manusia benar-benar merdeka dari penjajahan tuhan-tuhan yang lain. Bebas dari penjara pikiran dan hawa nafsu untuk menuju pada keselamatan dan kebahagiaan sejati.

Dalam konteks ini, maka barangsiapa ada yang menghalangi kemerdekaan manusia dan memenjarakan fisiknya serta pikirannya bukan karena kejahatannya dapat disebut sebagai suatu kezaliman yang pelakunya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

Kemerdekaan itu memang mahal harganya. Semahal ketabahan yang harus dimiliki untuk memperjuangkannya, seperti perjuangan saudara-saudara kita di Palestina yang sedang melawan penjajah Israel.

Semahal rasa syukur kepada Allah SWT bagi kita yang masih bisa berekspresi bebas di negara Indonesia merdeka, sehingga kita perlu mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi bangsa. Serta tidak menjadi anasir perusak negeri ini dengan menjadi agen ideologi anti Pancasila, koruptor, teroris, bandar narkoba atau pelaku kejahatan (kemaksiatan) lainnya.

Semoga Allah menjadikan negara Indonesia sebagai negera yang baik di bawah ampunan (dan ridho) Allah yang Maha Pengampun (Baldatun thoyyibatun wa rabbhun ghaffur).

Tentang : Ust. Satria Hadi Lubis

Drs. H. Satria Hadi Lubis,.MM.MBA adalah penceramah, trainer dan penulis yang berfokus pada bidang life skills, ketahanan keluarga dan dakwah. Tulisannya tersebar di berbagai media sosial, di antaranya sudah dibukukan dalam 17 buah buku. Beberapa judul bukunya : Breaking The Time, Burn Your Self, Menjadi Murobbi Sukses dan Menggairahkan Perjalanan Halaqoh.

Satria Hadi Lubis telah berbicara di berbagai tempat dan organisasi dengan lebih dari 25.000 jam untuk membangkitkan motivasi hidup, meningkatkan harmonisasi keluarga dan produktivitas dakwah. Pernah juga muncul di LA TV (sekarang TV ONE) sebagai pengasuh dan pengisi acara tetap kuliah subuh.

Beliau juga pernah dua kali mengikuti pendidikan S3 walau tidak sampai lulus. Dan saat ini menjadi dosen di PKN STAN semenjak tahun 1998.

Sekarang ini beliau dikarunia 8 orang anak (4 putra, 4 putri) dan seorang istri bernama, Kingkin Anida. Tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Satria Hadi Lubis dapat dihubungi di nomor HP : 0813-16444034. Fb : Satria Hadi Lubis.

Komentar