• Agenda berikutnya :
  • 00hari
  • 00Jam
  • 00menit
  • 00Detik

Warisan Bermakna

14 May 23

Warisan Bermakna

By. Satria hadi lubis

Mengapa Rasulullah saw wafat tanpa meninggalkan warisan harta?

Sebab beliau sedang mengajarkan kepada kita bahwa warisan bermakna lebih penting daripada warisan harta.

Warisan bermakna beliau berupa ajaran Islam dan teladan yang luhur, yakni Al Quran dan al Hadits.

Untuk kita, warisan bermakna itu berupa sedeqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang selalu mendoakan orang tuanya.

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

Rasulullah tahu warisan bermakna lebih kekal secara turun temurun dan bermanfaat bagi peradaban. Sedang harta itu fana dan pasti didapatkan oleh anak cucunya sesuai janji Allah bahwa setiap orang sudah ada rezekinya.

Kini banyak orang berpikir sebaliknya, mengutamakan warisan harta daripada warisan bermakna. Lebih kuatir anak cucunya miskin daripada hidup mulia, sampai berani mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya dengan cara yang haram. Ini merupakan kesalahan prioritas dan gagal paham.

Tentang : Ust. Satria Hadi Lubis

Drs. H. Satria Hadi Lubis,.MM.MBA adalah penceramah, trainer dan penulis yang berfokus pada bidang life skills, ketahanan keluarga dan dakwah. Tulisannya tersebar di berbagai media sosial, di antaranya sudah dibukukan dalam 17 buah buku. Beberapa judul bukunya : Breaking The Time, Burn Your Self, Menjadi Murobbi Sukses dan Menggairahkan Perjalanan Halaqoh.

Satria Hadi Lubis telah berbicara di berbagai tempat dan organisasi dengan lebih dari 25.000 jam untuk membangkitkan motivasi hidup, meningkatkan harmonisasi keluarga dan produktivitas dakwah. Pernah juga muncul di LA TV (sekarang TV ONE) sebagai pengasuh dan pengisi acara tetap kuliah subuh.

Beliau juga pernah dua kali mengikuti pendidikan S3 walau tidak sampai lulus. Dan saat ini menjadi dosen di PKN STAN semenjak tahun 1998.

Sekarang ini beliau dikarunia 8 orang anak (4 putra, 4 putri) dan seorang istri bernama, Kingkin Anida. Tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Satria Hadi Lubis dapat dihubungi di nomor HP : 0813-16444034. Fb : Satria Hadi Lubis.

Komentar